FOTO SILUET

Kamis, 17 Januari 2013 | komentar


Siluet adalah efek yang dihasilkan dalam fotografi karena adanya perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan latar belakangnya. Untuk menghasilkan siluet, cahaya dari bagian belakang objek harus sangat terang kemudian ditangkap dengan mengukur luminitas cahaya latar belakang. (wikipedia).
Jadi siluet ini adalah sebuah teknik fotografi yang meletakkan objek foto di antara kamera dan sumber cahaya utama
Bagaimana cara menciptakan sebuah foto siluet?

Ada banyak sekali deskripsi teknik yang ada tentang bagaimana membuat foto siluet yang benar, namun sedikit yang bisa saya simpulkan dari beberapa artikel yang saya baca.

Pilihlah obyek yang kuat dan bentuknya menarik, foto siluet akan kelihatan menonjol ketika kita memilih objek utama yang menarik yang memiliki karakter yang kuat.

Cari kondisi pencahayaan yang tepat (Backlight), dalam hal ini background dari objek yang ingin  di ambil harus lebih terang dibandingkan dengan obyek utama. artinya kita harus memastikan cahaya yang menerangi belakang objek lebih terang daripada cahaya yang menerangi objek dari depan

Matikan Flash, hal ini adalah hal yang terpenting untuk dilakukan dalam menghasillkan foto siluet, jika tidak objek utama akan terkena cahaya tidak tampak hitam. 

Framing - Lakukan framing pada jepretan Anda dengan menempatkannya di depan view yang menarik, tetapi dengan background yang terang

Focus, untuk menajamkan objek utama yang akan kita ambil.  
 
Contoh yang saya ambil sendiridengan kamera DSLR

Contoh lain :
 

Share this article :

Posting Komentar

 
Expression : Semoga blog ini bisa membantu Anda dan menguntungkan bagi Anda.